Minggu, 12 April 2015

Harga Kawasaki Ninja 250 FI 2013 Rp 43-48 Jutaan

Tips Membeli Motor Bekas Kawasaki Ninja 250 FI 2013 - Motor khususnya jenis sport berfairing dengan kapasitas mesin 250 cc kini tidak hanya berfungsi untuk kebutuhan transportasi saja, tapi bisa digunakan sebagai bagian dari gaya hidup. Seperti Kawasaki Ninja 250 FI, selain memiliki performa mumpuni, motor ini juga bisa mendongkrak penampilan pemiliknya saat mengendarai.

Ninja 250 FI pertama dirilis pada tahun 2012, diposisikan sebagai penerus generasi Ninja 250 sebelumnya yang masih menggunakan karburator. Meski terbilang masih muda, tapi tak ada salahnya memeriksa dan mengetahui lebih dalam.

“Jika mesin dalam kondisi standar termasuk minim masalah, yang bahaya jika pernah dimodifikasi, sitting klep bisa rusak. Kemudian jika kondisi oli tidak diperhatikan bisa berpotensi oli berkurang atau kering yang bisa merusak jeroan mesin,” jelas Iyang, mekanik Utama Motor, bengkel spesialis Kawasaki yang berlokasi di Jl. Raya Bogor, Jakarta Timur.

Nah, lanjutnya, sitting klep tersebut bisa rusak karena mesin berputar terlalu tinggi melebihi batas, misalnya jika sudah mengganti ECU racing aftermarket yang memiliki limiter lebih tinggi dari standar. Lalu efek yang ditimbulkan jika oli mesin berkurang atau bahkan kering bisa merusak komponen metal di dalam mesin, seperti kruk as, piston dan lainnya. ( baca  juga:Ternyata Suzuki Gixxer SF Gunakan Teknologi Eco Performance! dan Cara Bikin Suzuki Skydrive Kembali Berlari Kencang


Selebihnya cek komponen kelistrikan, pastikan masih dalam kondisi normal agar tidak mempengaruhi sistem injeksi. Serta cek bagian kaki-kaki seperti uni-track monoshock, biasanya kerap seret dan berkarat sehingga mengurangi stabilitas serta kenyamanan.


Harga jual Ninja 250 FI lansiran tahun 2013 di pasaran cukup beragam, tergantung dari kondisi motor dan modifikasi yang dilakukan. Angkanya ada di kisaran Rp 43 juta hingga Rp 48 jutaan. • (otomotifnet.com)
Data Spesifkasi

Kapasitas mesin: 250 cc 
Konfigurasi mesin: 2 silinder DOHC
injeksi Transmisi: 6 speed M/T 

Plus:
1. Mesin kencang
2. Jaringan
3. aftersales service luas
4. Mudah dimodifikasi

Minus:
1. Oli mesin kerap berkurang
2. Harga
3. spare parts agak mahal

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil membawa pulang, enaknya langsung lakukan pengecekan dan servis. Bisa dimaklumi lantaran motor ini sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi, yang lebih banyak membutuhkan perhatian, enaknya lakukan servis di bengkel resmi karena peralatan lebih lengkap.

Untuk biaya jasa servis di Utama Motor, penggantian oli dikenakan Rp 10 ribu dan penggantian kampas kopling Rp 50 ribu. Jika mengalami masalah di kelistrikan biayanya berkisar Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu atau lebih, tergantung dari jenis kerusakan.

Selanjutnya, jika ada masalah pada mesin, biaya reparasinya sekitar Rp 700 ribu jika bermasalah pada kepala silinder dan Rp 1 juta jika kruk as dan jeroan mesin bermasalah. •

Harga Komponen 

Busi Rp 70.000 x2 
Kampas rem depan Rp 215.000 
Kampas rem belakang Rp 215.000 
Kampas kopling Rp 88.000 x5 
Oli mesin Rp 50.000 /liter 
Filter udara Rp 40.000 
Filter oli Rp 95.000 
Gir set Rp 1.620.000 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar